5P dan 7P dalam bauran pemasaran

5p dan 7p dalam bauran pemasaran


  • 5P (konvensional)

               Istilah ini mungkin asing untuk masyarakat. Apakah itu 5P ? 5P adalah taktik marketing yang dapat di gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market perusahaan. 5P ini dapat di kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal perusahaan. Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’. Mari kita ulas apa sajakah 5P itu ?

1. place (tempat)
    Place adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan 
            tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and 
            transport.

2. promotion (promosi)
    Promotion adalah kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar 
             sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct 
             marketing.

3. People (orang)
    People adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam penyajian produk dan jasa sehingga dapat 
             mempengaruhi persepsi pembeli. 
    Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan tindakan 
             karyawan, cara berpakaian karyawan dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan 
             penyampaian produk dan jasa. 

4. Price (harga)
    Price adalah adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi 
             produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan 
            berbagi variabel yang bersangkutan. 

5. Product (produk)
    Product adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. 
             Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, 
             warranties, and returns.
     


  • 7P (commercial)
               Namun dalam pengembangannya 4 komponen Bauran Pemasaran (marketing mix)  mengalami perkembangan. Pakar marketing yaitu Lovelock dan Wright mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan menggunakan pendekatan 7P, yaitu: product elements; place, cyberspace, and time; promotion and education; price and other user outlays; process;  people; and physical evidence.

1. Product Elements
    Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.

2. place cyberspace, and time
    Place, cyberspace, and time adalah keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan 
             layanan yang baik kepada pelanggan.

3. promotion and education
    Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi 
             pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.

4. price and other user outlays
    Price and other user outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli 
            dan mengkonsumsi produk dan layman yang perusahaan tawarkan dan sajikan.

5. process
    Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk 
            dan layanan yang baik kepada pelanggan.

6. physical evidence
    Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan 
             layanan.

7. people
    People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service 
             production).

    



















REFERENSI:

(Di akses pada tanggal 3 November 2017)

(Di akses pada tanggal 3 November 2017)

(Di akses pada tanggal 3 November 2017)
(Di akses pada tanggal 3 November 2017)

(Di akses pada tanggal 3 November 2017)








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem produksi PT. Coca Cola Company

Bisnis Internasional