5P dan 7P dalam bauran pemasaran
5p dan 7p dalam bauran pemasaran
- 5P (konvensional)
Istilah ini mungkin asing untuk masyarakat. Apakah itu 5P ? 5P adalah taktik marketing yang dapat di gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market perusahaan. 5P ini dapat di kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal perusahaan. Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’. Mari kita ulas apa sajakah 5P itu ?
1. place (tempat)
Place adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan
tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and
transport.
2. promotion (promosi)
Promotion adalah kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar
sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct
marketing.
3. People (orang)
People adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam penyajian produk dan jasa sehingga dapat
mempengaruhi persepsi pembeli.
Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan tindakan
karyawan, cara berpakaian karyawan dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan
penyampaian produk dan jasa.
4. Price (harga)
Price adalah adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi
produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan
berbagi variabel yang bersangkutan.
5. Product (produk)
Product adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi.
Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services,
warranties, and returns.
- 7P (commercial)
Namun dalam pengembangannya 4 komponen Bauran Pemasaran (marketing mix) mengalami perkembangan. Pakar marketing yaitu Lovelock dan Wright mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan menggunakan pendekatan 7P, yaitu: product elements; place, cyberspace, and time; promotion and education; price and other user outlays; process; people; and physical evidence.
1. Product Elements
Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
2. place cyberspace, and time
Place, cyberspace, and time adalah keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan
layanan yang baik kepada pelanggan.
3. promotion and education
Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi
pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.
4. price and other user outlays
Price and other user outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli
dan mengkonsumsi produk dan layman yang perusahaan tawarkan dan sajikan.
5. process
Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk
dan layanan yang baik kepada pelanggan.
6. physical evidence
Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan
layanan.
7. people
People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service
production).
REFERENSI:
(Di akses pada tanggal 3 November 2017)
(Di akses pada tanggal 3 November 2017)
(Di akses pada tanggal 3 November 2017)
(Di akses pada tanggal 3 November 2017)
(Di akses pada tanggal 3 November 2017)
Komentar
Posting Komentar