TUGAS PENGANTAR BISNIS

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

PT. Indofood sukses makmur Tbk merupakan produsen dari berbagai jenis makanan dan minuman. Perusahaan ini    didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 Oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya intikusuma dan berganti nama menjadi indofood sukses makmur pada tanggal 5 Februari 1994. Perusahaan ini Sudah mengekspor bahan makanannya hingga ke Australia, Asia, dan Eropa. 



             Sejarah :

  •1968 - PT Lima Satu Sankyu (selanjutnya berganti nama menjadi PT Supermi 
                            Indonesia) didirikan, pertama kali memproduksi Supermi sebagai mi 
                            instan pertama di Indonesia.

•1970 - PT Sanmaru Foods Manufacturing Co Ltd (PT Sanmaru) didirikan 
                            sebagai salah satu anak perusahaan Jangkar Jati Group.

•1972 - PT Sanmaru mulai memproduksi Indomie.

•1982 - PT Sarimi Asli Jaya didirikan dan mulai memproduksi Sarimi.

•1984 - PT Sarimi Asli Jaya diakuisisi oleh PT Sanmaru dan bersama dengan 
                            Salim Group membentuk perusahaan dengan nama PT Indofood Interna 
                           Corporation.

•1986 - PT Supermi Indonesia diakuisisi oleh PT Indofood Interna Corporation 
                            melalui anak perusahaannya PT Lambang Insan Makmur.

•1989 - PT Sanmaru mengakuisi PT Sari Pangan Nusantara, yang memproduksi 
                         makanan bayi bermerek SUN.

•1990 - PT Sanmaru membentuk perusahaan patungan dengan PepsiCo, Inc 
                            yang memiliki merek FritoLay yang pada tahun 1994 bernama PT 
                            Indofood Fritolay Makmur dan mulai memproduksi makanan ringan 
                            seperti Chitato, Chiki, Cheetos dan Jetz yang kemudian pada tahun 
                           2000an disusul dengan Lay's dan Qtela.

•1990 - Indofood didirikan oleh Sudono Salim dengan nama PT Panganjaya 
                            Intikusuma.

•1991 - PT Sanmaru meluncurkan mi instan dalam bentuk cup bermerek pop 
                            mie.

•1992 - PT Sanmaru melalui anak perusahaan Jangkar Jati Group diambil alih
                            seluruh sahamnya oleh Salim Group.

•1993 - PT Panganjaya Intikusuma dan PT Sanmaru membentuk perseroan 
                            dengan nama PT Indomie Sukses Makmur Tbk.

•1994 - PT Panganjaya Intikusuma berganti nama menjadi PT Indofood Sukses 
                            Makmur Tbk.

•1995 - Mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari.

•1997 - Mengakuisisi 80% saham perusahaan yang bergerak di bidang 
                             perkebunan, agribisnis serta distribusi.

•2004 - Mengakuisisi 60% saham perusahaan kemasan karton.

•2005 - PT Indosentra Pelangi sebagai produsen bumbu, kecap dan sambal 
                            bermerek Indofood membentuk perusahaan patungan dengan Nestlé 
                            bernama PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia, mengakuisisi 
                            perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.

•2006 - Mengakuisisi 55% saham perusahaan perkapalan Pacsari Pte. Ltd.

•2007 - Mencatatkan saham Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapura dan 
                            menempatkan saham baru.

•2008 - Mengakuisisi 100% saham Drayton Pte. Ltd. yang memiliki secara efektif 
                            68,57% saham di PT Indolakto, sebuah perusahaan dairy terkemuka.

•2009 - Memulai proses restrukturisasi internal Grup CBP melalui pembentukan 
                            PT. Indofood CBP Sukses Makmur dan pemekaran kegiatan usaha mi 
                            instan dan bumbu yang diikuti dengan penggabungan usaha seluruh 
                           anak perusahaan di Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP), yang
                           seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan, ke dalam ICBP.

•2010 - Menyelesaikan restrukturisasi internal Grup CBP melalui pengalihan 
                            kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP dengan jumlah 
 kepemilikan kurang dari 100% ke ICBP dan melakukan Penawaran 
                         Saham Perdana yang dilanjutkan dengan pencatatan saham ICBP di 
Bursa Efek Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2010. Peningkatan 
                         kepemilikan di Pacsari Pte. Ltd sebesar 10% menjadi pemilik 100%.

•2011 - Pada bulan Januari 2011, PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Gizindo 
Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur 
dan PT Ciptakemas Abadi digabung sepenuhnya dengan status 
                         perusahaan terbuka (Tbk.) menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur 
                        Tbk. PT Salim Ivomas Pratama (SIMP), anak perusahaan langsung dan 
 tidak langsung Perseroan, melakukan IPO diikuti dengan pencatatan
saham di BEI pada 9 Juni 2011.

•2011 - Mencatatkan saham PT Salim Ivomas Pratama (“SIMP”), anak 
  perusahaan langsung dan tidak langsung Perseroan, di BEI.

•2012 - ICBP mendirikan dua perusahaan patungan dengan Asahi Group 
  Holdings Southeast Asia Pte. Ltd. (“Asahi”) untuk memasuki pasar 
                         minuman non-alkohol di Indonesia.

•2012 - Sudono Salim, pendiri ICBP meninggal dunia di Singapura pada tanggal 
10 Juni 2012. Tidak lama sesudah meninggalnya, salah satu produk mi 
                          instan dari Indofood, Indomie, menyelenggarakan program ulang 
  tahunnya yang ke-40 tahun, pada bulan Agustus 2012 di Jakarta.

•2013 - Menyelesaikan akuisisi PT Pepsi-Cola Indobeverages, perusahaan yang 
  memproduksi minuman ringan bermerek Pepsi, 7 Up dan sebagainya. 
                         Akuisisi ini dilakukan oleh PT Indofood Asahi Sukses Beverage dan PT 
                         Asahi Indofood Beverage Makmur, yang masing-masing adalah 51% dan 
                         49% dimiliki oleh ICBP.

•2014 - Indofood masuk ke bisnis minuman bernama Indofood Asahi dan mulai 
                         mengimpor dua merek minuman dari Malaysia, yaitu Ichi Ocha dan 
                         Caféla Latte.

•2014 - ICBP, melalui anak perusahaan patungannya dengan Asahi, 
                         mengakuisisi aset yang terkait dengan kegiatan usaha air minum dalam 
                         kemasan termasuk merek Club.

•2014 - PT Indolakto menyelesaikan proses akuisisi 100% saham PT Danone 
                         Dairy Indonesia, serta pembelian merek dagang dan desain industri yang 
                         berhubungan dengan produk Milkuat.

Penghasilan pertahun PT. Indofood Sukses Makmur:



Alamat kantor pusat, perusahaan dan Pabrik PT Indofood Sukses Makmur Tbk:

KANTOR PUSAT : 
Ariobimo Central Building, 12th Floor, Jl. HR. Rasuna Said Block X-2 Kav. 
5, Kuningan, Jakarta Selatan 12950, Indonesia.

PERUSAHAAN :
Sudirman Plaza indofood tower lanai 27.
Jl. Jendral Sudirman, calving 76-78 Jakarta.

PABRIK :
1. Jl. Buncit Raya, No.22 Pejaten, Ragunan, Pasar Minggu, Kota Jakarta 
                      Selatan,Daerah Ibukota Jakarta.
2. Jl. Raya Cilincing No.1, Tanjung Priok Jakarta Utara, DKI Jakarta.
3. Jl.Nilam Timur No.16, Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.
4. Jl. Raya Caringin No. 353, Padalarang, Bandung, Jawa Barat.
5. Jl. Raya Beji KM.32 Desa Caringin Malang Bangil, Pasuruan, Jawa 
    Timur.
6. Jl. Tambak Aji ll No.8 Desa Beringin, Tambak Ajingaliyan, Semarang,
  Jawa Tengah.
7. Jl. Kaharuddin Nasution KM.12, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau.
8. Jl. HR. Rasuna Said Blok X2 kav.5, Kuningan, Jakarta Selatan.


Referensi : 


Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017

PT. Gojek Indonesia 

  PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim pada
tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan jasa yang berjiwa sosial dan memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan. 



Gojek lahir dari ide sang CEO dan managing director yang mengaku sebagai pengguna ojek. Ojek yang merupakan kendaraan bermotor roda dua ini memang transportsi yang sangat efektif untuk mobilitas di kemacetan ibu kota. Dengan pengalamannya saat naik ojek di jalanan macet kemudian ia menciptakan gojek, sebuah layanan antar jemput modern berbasis pesanan. Namun kini ojek tidak hanya kendaraan bermotor roda dua namun sudah memiliki kemajuan yaitu dengan adanya ojek ber roda empat. 

Gojek semakin berkembang pesat kini sudah tersebar di kota besar seperti: Sukabumi, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Manado, Padang, Medan, Makassar, Gresik, Bandung, Denpasar, Bandar Lampung, Yogyakarta, Malang, Sidoarjo, Semarang, Batam, Pontianak, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Jambi, Solo, Mataram, dan Surabaya.




Jenis fitur dan layanan Gojek :

  1. Go Ride adalah layanan transportasi sepeda motor.
  2. Go Car adalah layanan transportasi menggunakan mobil.
  3. Go Food adalah layanan pesan antar makanan.
  4. Go Send adalah layanan kurir instan untuk mengirim surat ataupun barang.
  5. Go Mart adalah layanan yang digunakan untuk berbelanja berbagai jenis barang.
  6. Go Box adalah layanan pindah barang ukuran besar dengan menggunakan truk.
  7. Go Massage adalah layanan jasa pijat kesehatan professional.
  8. Go Clean adalah layanan jasa kebersihan professional untuk membersihkan rumah.
  9. Go Glam adalah layanan jasa perawatan kecantikan.
  10. Go Tix adalah layanan informasi acara dengan akses pembelian dan pengantaran tiket langsung.
  11. Go Busway adalah layanan untuk memonitor jadwal layanan bus transjakarta.
  12. Go Pay adalah layanan dompet virtual untuk transaksi didalam aplikasi gojek.

Rupanya banyak orang penasaran dengan kinerja dan sumber uang bisnis yang resminya berada di bawah bendera PT. Go-jek Indonesia itu. Dengan harga yang sangat murah, bagaimanakah bisa mereka mendapatkan keuntungan?

Aplikasi Gojek sebagai Media/Saluran Periklanan: 
Jumlah user aplikasi Gojek semakin banyak, maka seiring peningkatan jumlah ini menjadikan aplikasi Gojek sebagai salah satu media beriklan yang potensial, karena akan ada banyak orang yang bisa terekspos dengan iklan yang dipasang di dalam aplikasi ini.  

Fitur Aplikasi Go-Ride: 
Ketika user menggunakan aplikasi Go-ride maka tent akan diminta untuk mengisi atau menyebutkan lokasi mereka + tujuan mereka. Kegiatan ini dilakukan di dalam aplikasi, artinya rute-rute tersebut masuk ke dalam database perusahaan Gojek dan Gojek mempunyai data, jalur-jalur mana saja yang sering dilalui pelangganya dan di jam berapa. Lalu apa hubungannya? Untuk perusahaan pengiklan atau penyedia jasa billboard, informasi rute konsumen adalah data yang sangat berharga. dari sini mereka bisa membuat estimasi RoI (Return of Investment)
Fitur Aplikasi Go-Mart:
Konsepnya sama dengan Go-Ride. Semua transaksi pembelanjaan barang yang dilakukan akan tersimpan di database GoJek. Data yang bisa digali sangat banyak, misalnya :  
1. Kategori produk yang dibeli (produk pembersih badan, sabun cuci, 
            snack, roti, beras, dan lain-lain) 
2. Brand atau merknya 
3. Waktu pembelian (tanggal berapa, jam berapa, channelnya apa : 
            traditional atau modern dan lain-lain) 

Fitur Aplikasi Go-Food: 
konsepnya sama seperti Go-Mart, tinggal diganti yang ini dengan produk makanan. 
GoJek akan meraih keuntungan dari perusahaan telekomunikasi: 
Aplikasi GoJek digunakan dengan menggunakan data. Semakin banyak jumlah aplikasi yang diunduh maka otomatis akan bertambah sering juga.penggunaannya. Dan semakin sering penggunaannya maka akan semakin banyak data yang terpakai, hal ini akan memberi keuntungan bagi perusahaan telekomunikasi, dan GoJek bisa mendapatkan revenue sharing dari sini. Bahkan Telkomsel sekarang sudah menjalin kerjasama dengan GoJek, caranya adalah menyuplai/menjadikan kartu Telkomsel sebagai kartunya si pengemudi Gojek. Hal ini sangat efektif karena sudah pasti penggunaan data dari Telkomsel akan semakin meningkat, belum lagi efek bola salju ke peningkatan volume call dan sms dari kartu Telkomsel tersebut.




Kantor pusat
Jl. Kemang Selatan Raya 99B, Jakarta Selatan 12730
Call Center - (021) 7251110

Kantor Gojek Tangerang
Jl. Raya Serpong KM 7 No. 64, Gading Serpong, Tangerang
Telp. 0812 8814 8346/ 0812 8814 8347


Referensi :



Diakses pada tanggal 8 oktober 2017

FINTECH

Banyak masyarakat yang belum memahami apa itu fintech. Padahal fintech bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. maka apa itu fintech? Fintech berasal dari istilah financial tecnology atau teknologi finansial. Menurut The National Digital Research Centre (NDRC), fintech merupakan suatu inovasi pada sektor finansial. Tentunya, inovasi finansial ini sentuhan teknologi modern. Keberadaan fintech diharapkan dapat mempermudah transaksi keuangan yang lebih praktis dan aman. Proses transaksi keuangan ini meliputi proses pembayaran, proses peminjaman uang, transfer, ataupun jual beli saham.


                   Sejarah :
    • Mar 2015 Berawal dari pertemuan komunitas Fintech 
    • Sep 2015 Peluncuran resmi ke publik 
    • Oct 2015 Pertemuan dengan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memulai sesi rutin dwi-mingguan 
    • Mar 2016 Resmi sebagai badan hukum perkumpulan dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI 
    • May 2016 Pembukaan keanggotaan kepada publik 
    • Jul 2016 Pertemuan dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) dan memulai sesi rutin dengan BI 
    • Aug 2016 Membantu OJK dalam penyelenggaraan FinTech Festival, OJK FinTech FGD, dan berbagai inisiatif OJK dan BI 
    • Sep 2016 - sekarang Aktif bermitra dengan OJK, BI dan seluruh lembaga pemerintahan lainnya dalam mengembangkan kebijakan FinTech di Indonesia.

                    Jenis-jenis fintech :
                    1. Management aset

                               Kesibukan operasional perusahaan, seperti penggajian, 
                       pengelolaan karyawan, sistem pembiayaan, dan lain-lain. contohnya 
                      seperti jojonomic salah satu jenis startup yang bergerak dibidang 
                      manajemen aset. Perusahaan ini menyediakan platform Expense 
                      Management System untuk membantu berjalannya sebuah usaha lebih 
                      praktis dan efisien. Dengan adanya Jojonomic ini, masyarakat Indonesia 
                      bisa lebih paperless, karena semua rekapan pergantian biaya yang 
                      semula dilakukan manual, cukup dilakukan melalui aplikasi 
                     untuk persetujuan pergantian biaya tersebut.


                    2. Crowd Funding
 
                                 crowd funding adalah startup yang menyediakan platform 
                       penggalangan dana untuk disalurkan kembali kepada orang-orang yang 
                      membutuhkan, seperti korban bencana alam, korban perang, mendanai 
                      pembuatan karya, dan sebagainya. Penggalangan dana tersebut 
                      dilakukan secara online. Salah satu contoh startup crowd funding terbesar 
                      adalah Kitabisa.com. Startup ini menciptakan wadah agar kita bisa 
                     membantu sesama dengan cara yang lebih mudah, aman, dan efisien.

                    3. E-Money
                      
                                 E-Money atau uang elektronik adalah uang yang dikemas ke dalam dunia 
                      digital, sehingga dapat dikatakan dompet elektronik. Uang ini umumnya bisa 
                      digunakan untuk berbelanja, membayar tagihan, dan lain-lain melalui sebuah 
                      aplikasi. Salah satu dompet elektronik itu adalah Doku. Doku merupakan sebuah 
                       aplikasi di smartphone, yang dilengkapi dengan fitur link kartu kredit dan uang 
                      elektronik yang dapat kita gunakan untuk berbelanja online/offline kapan dan di 
                      mana saja.

                    4. Online Pajak
                      
                                  Online Pajak adalah layanan yang digunakan untuk menghitung, 
                       membayar, dan melaporkan pajak. Startup ini didirikan oleh pengusaha asal 
                       Perancis, Charles Guinot, dan telah terhubung langsung dengan server e-
                       Billing dan e-Filing di Direktorat Jenderal Pajak. Hingga saat ini, OnlinePajak 
                       telah mempunyai sekitar 200.000 pengguna aktif dan bekerja sama dengan 
                       beberapa perusahaan besar seperti Telkomsel, Tokopedia, GO-JEK, Kawan 
                       Lama Group, PT Astra Otoparts Tbk, dan Huawei Tech Investment.


                   5. IndoGold
                    
                                IndoGold adalah platform investasi yang memungkinkan kamu untuk 
                     membeli emas untuk keperluan investasi secara online. Mereka bahkan 
                     menyediakan fitur cicilan bagi kamu yang tidak mempunyai uang yang cukup 
                     untuk membeli emas. Di pertengahan tahun 2017 ini, IndoGold telah bekerja 
                     sama dengan marketplace Bukalapak untuk menghadirkan layanan 
                     BukaEmas.



                 Contoh Fintech :

               1. Bareksa.com

                              Bareksa.com adalah sebuah portal investasi terintegrasi pertama di 
                     Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013 di bawah naungan PT 
                     Bareksa Portal Investasi. Portal ini memberikan layanan data dan alat investasi, 
                     berita dan informasi, learning center, dan komunitas investor. 
                    Dalam waktu dekat, Bareksa.com juga akan menyediakan platform bagi 
                     nasabah untuk melakukan jual beli reksa dana secara online, mudah, dan aman. 


                    2. KitaBiasa.com



                        kitabisa.com adalah situs penghubung kebaikan yang mempertemukan 
                       para pelaku kegiatan sosial dengan para donatur urunan. kitabisa.com didirikan 
                       oleh Muhammad AlFatih Timur, akrab disapa Timmy, mendirikan KitaBisa.com 
                       pada tahun 2013 dengan tujuan sebagai start-up yang mampu menghubungkan 
                       orang yang memiliki ide-ide sosial dengan mereka yang ingin memberikan 
                       dukungan dana melalui platform crowdfunding yang dijalankan secara online
                        
                                       Bagi pemilik ide/kegiatan sosial, proyek sosial yang diajukan bisa 
                       berbentuk apa saja, mulai dari pembangunan/perbaikan ruang sekolah/
                       infrastruktur publik (jembatan, bangunan, jalan, dll), pendidikan, rumah baca, 
                       kesehatan, kesenian/kebudayaan, kepedulian, kerukunan, kampanye/gerakan 
                       sosial, kewirausahaan, komunitas, dan lain sebagainya.
                     
                                       Berbagai proyek sosial telah dilakukan melalui Kitabisa, di antaranya 
                       adalah pengadaan bus keliling donor darah PMI, pembangunan gedung anak 
                       jalanan Master Depok, pengiriman buku untuk anak-anak papua, donasi pohon 
                      TELAPAK di Sulawesi Tenggara), Anak Cibuyutan Jelajah Kampus, pembagian 
                      parsel Ramadhan untuk masyarakat mantan penderita kusta di Sitanala 
                      Tangerang, perpustakaan keliling di Sumedang, dan pemberdayaan perempuan 
                      bersama Dreamdelion Bandung.



               3. KOINWORK.COM



                           KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani 
                     investasi online P2P (peer to peer) Lending dengan machine learning yang 
                     inovatif, menghubungkan Investor dengan Peminjam dalam sebuah platform 
                     teknologi mutakhir. Investor dapat berinvestasi mulai dari Rp 100.000 dan 
                     Peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah.
 
                                 Peer to peer lending yang dimaksud adalah proses pinjam-
                     meminjam uang antar individu yang tidak saling berhubungan, tanpa melalui 
                     perantara keuangan tradisional seperti bank atau lembaga keuangan tradisional 
                     lainnya. Tidak saling berhubungan dalam artian tidak perlu bertatap muka secara 
                     langsung. Koinworks dengan sistem peer to peer lending nya memberikan 
                     kesempatan kepada semua orang untuk mendapatkan kemudahan pinjaman 
                     dengan keringanan biaya dan sekaligus mendukung demokratisasi layanan 
                     keuangan di Indonesia.
                     
                               Pengguna Koinworks dapat mendaftar sebagai pendana atau peminjam.Pendana yang sudah 
                      terverifikasi oleh Koinworks selanjutnya dapat melakukan deposit dana agar dapat dipinjamkan kepada para 
                     peminjam yang terdaftar. Peminjam yang sudah melalui proses pendaftaran dapat memilih pinjaman yang 
                    tersedia dari para pendana. Jadi, secara garis besar Koinworks dapat diartikan sebagai penghubung antara 
                    calon peminjam dengan calon pemberi pinjaman. Sistem online yang modern dan inovatif yang diterapkan  
                    oleh Koinworks dapat mengurangi biaya dan inefisiensi sistem perbankan tradisional. Karena apa?Jelas 
                    karena semua dilakukan secara online sehingga calon peminjam dapat mengakses layanan dari mana pun 
                    dan kapan pun, begitu juga dengan calon pendana.
  • REFERENSI FINTECH:


Diakses pada tanggal 9 oktober 2017


  • RFERENSI BAREKSA :


Diakses pada tanggal 10 oktober 2017


  • REFERENSI  KITABISA.COM:

Diakses pada tanggal 10 oktober 2017





Diakses pada tanggal 10 oktober 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5P dan 7P dalam bauran pemasaran

Sistem produksi PT. Coca Cola Company

Bisnis Internasional