TUGAS PENGANTAR BISNIS
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
PT. Indofood sukses makmur Tbk merupakan produsen dari berbagai jenis makanan dan minuman. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 Oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya intikusuma dan berganti nama menjadi indofood sukses makmur pada tanggal 5 Februari 1994. Perusahaan ini Sudah mengekspor bahan makanannya hingga ke Australia, Asia, dan Eropa.
Sejarah :
•1968 - PT Lima Satu Sankyu (selanjutnya berganti nama menjadi PT Supermi
Indonesia) didirikan, pertama kali memproduksi Supermi sebagai mi
instan pertama di Indonesia.
•1970 - PT Sanmaru Foods Manufacturing Co Ltd (PT Sanmaru) didirikan
sebagai salah satu anak perusahaan Jangkar Jati Group.
•1972 - PT Sanmaru mulai memproduksi Indomie.
•1982 - PT Sarimi Asli Jaya didirikan dan mulai memproduksi Sarimi.
•1984 - PT Sarimi Asli Jaya diakuisisi oleh PT Sanmaru dan bersama dengan
Salim Group membentuk perusahaan dengan nama PT Indofood Interna
Corporation.
•1986 - PT Supermi Indonesia diakuisisi oleh PT Indofood Interna Corporation
melalui anak perusahaannya PT Lambang Insan Makmur.
•1989 - PT Sanmaru mengakuisi PT Sari Pangan Nusantara, yang memproduksi
makanan bayi bermerek SUN.
•1990 - PT Sanmaru membentuk perusahaan patungan dengan PepsiCo, Inc
yang memiliki merek FritoLay yang pada tahun 1994 bernama PT
Indofood Fritolay Makmur dan mulai memproduksi makanan ringan
seperti Chitato, Chiki, Cheetos dan Jetz yang kemudian pada tahun
2000an disusul dengan Lay's dan Qtela.
•1990 - Indofood didirikan oleh Sudono Salim dengan nama PT Panganjaya
Intikusuma.
•1991 - PT Sanmaru meluncurkan mi instan dalam bentuk cup bermerek pop
mie.
•1992 - PT Sanmaru melalui anak perusahaan Jangkar Jati Group diambil alih
seluruh sahamnya oleh Salim Group.
•1993 - PT Panganjaya Intikusuma dan PT Sanmaru membentuk perseroan
dengan nama PT Indomie Sukses Makmur Tbk.
•1994 - PT Panganjaya Intikusuma berganti nama menjadi PT Indofood Sukses
Makmur Tbk.
•1995 - Mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari.
•1997 - Mengakuisisi 80% saham perusahaan yang bergerak di bidang
perkebunan, agribisnis serta distribusi.
•2004 - Mengakuisisi 60% saham perusahaan kemasan karton.
•2005 - PT Indosentra Pelangi sebagai produsen bumbu, kecap dan sambal
bermerek Indofood membentuk perusahaan patungan dengan Nestlé
bernama PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia, mengakuisisi
perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.
•2006 - Mengakuisisi 55% saham perusahaan perkapalan Pacsari Pte. Ltd.
•2007 - Mencatatkan saham Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapura dan
menempatkan saham baru.
•2008 - Mengakuisisi 100% saham Drayton Pte. Ltd. yang memiliki secara efektif
68,57% saham di PT Indolakto, sebuah perusahaan dairy terkemuka.
•2009 - Memulai proses restrukturisasi internal Grup CBP melalui pembentukan
PT. Indofood CBP Sukses Makmur dan pemekaran kegiatan usaha mi
instan dan bumbu yang diikuti dengan penggabungan usaha seluruh
anak perusahaan di Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP), yang
seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan, ke dalam ICBP.
•2010 - Menyelesaikan restrukturisasi internal Grup CBP melalui pengalihan
kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP dengan jumlah
kepemilikan kurang dari 100% ke ICBP dan melakukan Penawaran
Saham Perdana yang dilanjutkan dengan pencatatan saham ICBP di
Bursa Efek Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2010. Peningkatan
kepemilikan di Pacsari Pte. Ltd sebesar 10% menjadi pemilik 100%.
•2011 - Pada bulan Januari 2011, PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Gizindo
Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur
dan PT Ciptakemas Abadi digabung sepenuhnya dengan status
perusahaan terbuka (Tbk.) menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk. PT Salim Ivomas Pratama (SIMP), anak perusahaan langsung dan
tidak langsung Perseroan, melakukan IPO diikuti dengan pencatatan
saham di BEI pada 9 Juni 2011.
•2011 - Mencatatkan saham PT Salim Ivomas Pratama (“SIMP”), anak
perusahaan langsung dan tidak langsung Perseroan, di BEI.
•2012 - ICBP mendirikan dua perusahaan patungan dengan Asahi Group
Holdings Southeast Asia Pte. Ltd. (“Asahi”) untuk memasuki pasar
minuman non-alkohol di Indonesia.
•2012 - Sudono Salim, pendiri ICBP meninggal dunia di Singapura pada tanggal
10 Juni 2012. Tidak lama sesudah meninggalnya, salah satu produk mi
instan dari Indofood, Indomie, menyelenggarakan program ulang
tahunnya yang ke-40 tahun, pada bulan Agustus 2012 di Jakarta.
•2013 - Menyelesaikan akuisisi PT Pepsi-Cola Indobeverages, perusahaan yang
Akuisisi ini dilakukan oleh PT Indofood Asahi Sukses Beverage dan PT
Asahi Indofood Beverage Makmur, yang masing-masing adalah 51% dan
49% dimiliki oleh ICBP.
•2014 - Indofood masuk ke bisnis minuman bernama Indofood Asahi dan mulai
mengimpor dua merek minuman dari Malaysia, yaitu Ichi Ocha dan
Caféla Latte.
•2014 - ICBP, melalui anak perusahaan patungannya dengan Asahi,
mengakuisisi aset yang terkait dengan kegiatan usaha air minum dalam
kemasan termasuk merek Club.
•2014 - PT Indolakto menyelesaikan proses akuisisi 100% saham PT Danone
Dairy Indonesia, serta pembelian merek dagang dan desain industri yang
berhubungan dengan produk Milkuat.
Penghasilan pertahun PT. Indofood Sukses Makmur:
Alamat kantor pusat, perusahaan dan Pabrik PT Indofood Sukses Makmur Tbk:
KANTOR PUSAT :
Ariobimo Central Building, 12th Floor, Jl. HR. Rasuna Said Block X-2 Kav.
5, Kuningan, Jakarta Selatan 12950, Indonesia.
PERUSAHAAN :
Sudirman Plaza indofood tower lanai 27.
Jl. Jendral Sudirman, calving 76-78 Jakarta.
PABRIK :
1. Jl. Buncit Raya, No.22 Pejaten, Ragunan, Pasar Minggu, Kota Jakarta
Selatan,Daerah Ibukota Jakarta.
2. Jl. Raya Cilincing No.1, Tanjung Priok Jakarta Utara, DKI Jakarta.
3. Jl.Nilam Timur No.16, Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.
4. Jl. Raya Caringin No. 353, Padalarang, Bandung, Jawa Barat.
5. Jl. Raya Beji KM.32 Desa Caringin Malang Bangil, Pasuruan, Jawa
Timur.
6. Jl. Tambak Aji ll No.8 Desa Beringin, Tambak Ajingaliyan, Semarang,
Jawa Tengah.
7. Jl. Kaharuddin Nasution KM.12, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau.
8. Jl. HR. Rasuna Said Blok X2 kav.5, Kuningan, Jakarta Selatan.
Referensi :
Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017
PT. Gojek Indonesia
PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim pada
tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan jasa yang berjiwa sosial dan memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.
Gojek lahir dari ide sang CEO dan managing director yang mengaku sebagai pengguna ojek. Ojek yang merupakan kendaraan bermotor roda dua ini memang transportsi yang sangat efektif untuk mobilitas di kemacetan ibu kota. Dengan pengalamannya saat naik ojek di jalanan macet kemudian ia menciptakan gojek, sebuah layanan antar jemput modern berbasis pesanan. Namun kini ojek tidak hanya kendaraan bermotor roda dua namun sudah memiliki kemajuan yaitu dengan adanya ojek ber roda empat.
Gojek semakin berkembang pesat kini sudah tersebar di kota besar seperti: Sukabumi, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Manado, Padang, Medan, Makassar, Gresik, Bandung, Denpasar, Bandar Lampung, Yogyakarta, Malang, Sidoarjo, Semarang, Batam, Pontianak, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Jambi, Solo, Mataram, dan Surabaya.
Jenis fitur dan layanan Gojek :
- Go Ride adalah layanan transportasi sepeda motor.
- Go Car adalah layanan transportasi menggunakan mobil.
- Go Food adalah layanan pesan antar makanan.
- Go Send adalah layanan kurir instan untuk mengirim surat ataupun barang.
- Go Mart adalah layanan yang digunakan untuk berbelanja berbagai jenis barang.
- Go Box adalah layanan pindah barang ukuran besar dengan menggunakan truk.
- Go Massage adalah layanan jasa pijat kesehatan professional.
- Go Clean adalah layanan jasa kebersihan professional untuk membersihkan rumah.
- Go Glam adalah layanan jasa perawatan kecantikan.
- Go Tix adalah layanan informasi acara dengan akses pembelian dan pengantaran tiket langsung.
- Go Busway adalah layanan untuk memonitor jadwal layanan bus transjakarta.
- Go Pay adalah layanan dompet virtual untuk transaksi didalam aplikasi gojek.
Rupanya banyak orang penasaran dengan kinerja dan sumber uang bisnis yang resminya berada di bawah bendera PT. Go-jek Indonesia itu. Dengan harga yang sangat murah, bagaimanakah bisa mereka mendapatkan keuntungan?
• Aplikasi Gojek sebagai Media/Saluran Periklanan:
Jumlah user aplikasi Gojek semakin banyak, maka seiring peningkatan jumlah ini menjadikan aplikasi Gojek sebagai salah satu media beriklan yang potensial, karena akan ada banyak orang yang bisa terekspos dengan iklan yang dipasang di dalam aplikasi ini.
• Fitur Aplikasi Go-Ride:
Ketika user menggunakan aplikasi Go-ride maka tent akan diminta untuk mengisi atau menyebutkan lokasi mereka + tujuan mereka. Kegiatan ini dilakukan di dalam aplikasi, artinya rute-rute tersebut masuk ke dalam database perusahaan Gojek dan Gojek mempunyai data, jalur-jalur mana saja yang sering dilalui pelangganya dan di jam berapa. Lalu apa hubungannya? Untuk perusahaan pengiklan atau penyedia jasa billboard, informasi rute konsumen adalah data yang sangat berharga. dari sini mereka bisa membuat estimasi RoI (Return of Investment).
• Fitur Aplikasi Go-Mart:
Konsepnya sama dengan Go-Ride. Semua transaksi pembelanjaan barang yang dilakukan akan tersimpan di database GoJek. Data yang bisa digali sangat banyak, misalnya :
1. Kategori produk yang dibeli (produk pembersih badan, sabun cuci,
snack, roti, beras, dan lain-lain)
2. Brand atau merknya
3. Waktu pembelian (tanggal berapa, jam berapa, channelnya apa :
traditional atau modern dan lain-lain)
• Fitur Aplikasi Go-Food:
konsepnya sama seperti Go-Mart, tinggal diganti yang ini dengan produk makanan.
• GoJek akan meraih keuntungan dari perusahaan telekomunikasi:
Aplikasi GoJek digunakan dengan menggunakan data. Semakin banyak jumlah aplikasi yang diunduh maka otomatis akan bertambah sering juga.penggunaannya. Dan semakin sering penggunaannya maka akan semakin banyak data yang terpakai, hal ini akan memberi keuntungan bagi perusahaan telekomunikasi, dan GoJek bisa mendapatkan revenue sharing dari sini. Bahkan Telkomsel sekarang sudah menjalin kerjasama dengan GoJek, caranya adalah menyuplai/menjadikan kartu Telkomsel sebagai kartunya si pengemudi Gojek. Hal ini sangat efektif karena sudah pasti penggunaan data dari Telkomsel akan semakin meningkat, belum lagi efek bola salju ke peningkatan volume call dan sms dari kartu Telkomsel tersebut.
Kantor pusat
Jl. Kemang Selatan Raya 99B, Jakarta Selatan 12730
Call Center - (021) 7251110
Kantor Gojek Tangerang
Jl. Raya Serpong KM 7 No. 64, Gading Serpong, Tangerang
Telp. 0812 8814 8346/ 0812 8814 8347
Referensi :
Diakses pada tanggal 8 oktober 2017
FINTECH
Banyak masyarakat yang belum memahami apa itu fintech. Padahal fintech bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. maka apa itu fintech? Fintech berasal dari istilah financial tecnology atau teknologi finansial. Menurut The National Digital Research Centre (NDRC), fintech merupakan suatu inovasi pada sektor finansial. Tentunya, inovasi finansial ini sentuhan teknologi modern. Keberadaan fintech diharapkan dapat mempermudah transaksi keuangan yang lebih praktis dan aman. Proses transaksi keuangan ini meliputi proses pembayaran, proses peminjaman uang, transfer, ataupun jual beli saham.
- Mar 2015 Berawal dari pertemuan komunitas Fintech
- Sep 2015 Peluncuran resmi ke publik
- Oct 2015 Pertemuan dengan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memulai sesi rutin dwi-mingguan
- Mar 2016 Resmi sebagai badan hukum perkumpulan dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI
- May 2016 Pembukaan keanggotaan kepada publik
- Jul 2016 Pertemuan dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) dan memulai sesi rutin dengan BI
- Aug 2016 Membantu OJK dalam penyelenggaraan FinTech Festival, OJK FinTech FGD, dan berbagai inisiatif OJK dan BI
- Sep 2016 - sekarang Aktif bermitra dengan OJK, BI dan seluruh lembaga pemerintahan lainnya dalam mengembangkan kebijakan FinTech di Indonesia.
Jenis-jenis fintech :
1. Management aset
Kesibukan operasional perusahaan, seperti penggajian,
pengelolaan karyawan, sistem pembiayaan, dan lain-lain. contohnya
seperti jojonomic salah satu jenis startup yang bergerak dibidang
manajemen aset. Perusahaan ini menyediakan platform Expense
Management System untuk membantu berjalannya sebuah usaha lebih
praktis dan efisien. Dengan adanya Jojonomic ini, masyarakat Indonesia
bisa lebih paperless, karena semua rekapan pergantian biaya yang
semula dilakukan manual, cukup dilakukan melalui aplikasi
untuk persetujuan pergantian biaya tersebut.
2. Crowd Funding
crowd funding adalah startup yang menyediakan platform
penggalangan dana untuk disalurkan kembali kepada orang-orang yang
membutuhkan, seperti korban bencana alam, korban perang, mendanai
pembuatan karya, dan sebagainya. Penggalangan dana tersebut
dilakukan secara online. Salah satu contoh startup crowd funding terbesar
adalah Kitabisa.com. Startup ini menciptakan wadah agar kita bisa
membantu sesama dengan cara yang lebih mudah, aman, dan efisien.
3. E-Money
E-Money atau uang elektronik adalah uang yang dikemas ke dalam dunia
digital, sehingga dapat dikatakan dompet elektronik. Uang ini umumnya bisa
digunakan untuk berbelanja, membayar tagihan, dan lain-lain melalui sebuah
aplikasi. Salah satu dompet elektronik itu adalah Doku. Doku merupakan sebuah
aplikasi di smartphone, yang dilengkapi dengan fitur link kartu kredit dan uang
elektronik yang dapat kita gunakan untuk berbelanja online/offline kapan dan di
mana saja.
4. Online Pajak
Online Pajak adalah layanan yang digunakan untuk menghitung,
membayar, dan melaporkan pajak. Startup ini didirikan oleh pengusaha asal
Perancis, Charles Guinot, dan telah terhubung langsung dengan server e-
Billing dan e-Filing di Direktorat Jenderal Pajak. Hingga saat ini, OnlinePajak
telah mempunyai sekitar 200.000 pengguna aktif dan bekerja sama dengan
Lama Group, PT Astra Otoparts Tbk, dan Huawei Tech Investment.
5. IndoGold
IndoGold adalah platform investasi yang memungkinkan kamu untuk
membeli emas untuk keperluan investasi secara online. Mereka bahkan
menyediakan fitur cicilan bagi kamu yang tidak mempunyai uang yang cukup
untuk membeli emas. Di pertengahan tahun 2017 ini, IndoGold telah bekerja
sama dengan marketplace Bukalapak untuk menghadirkan layanan
Contoh Fintech :
Bareksa.com adalah sebuah portal investasi terintegrasi pertama di
Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013 di bawah naungan PT
Bareksa Portal Investasi. Portal ini memberikan layanan data dan alat investasi,
berita dan informasi, learning center, dan komunitas investor.
Dalam waktu dekat, Bareksa.com juga akan menyediakan platform bagi
nasabah untuk melakukan jual beli reksa dana secara online, mudah, dan aman.
kitabisa.com adalah situs penghubung kebaikan yang mempertemukan
para pelaku kegiatan sosial dengan para donatur urunan. kitabisa.com didirikan
oleh Muhammad AlFatih Timur, akrab disapa Timmy, mendirikan KitaBisa.com
pada tahun 2013 dengan tujuan sebagai start-up yang mampu menghubungkan
orang yang memiliki ide-ide sosial dengan mereka yang ingin memberikan
dukungan dana melalui platform crowdfunding yang dijalankan secara online
Bagi pemilik ide/kegiatan sosial, proyek sosial yang diajukan bisa
berbentuk apa saja, mulai dari pembangunan/perbaikan ruang sekolah/
infrastruktur publik (jembatan, bangunan, jalan, dll), pendidikan, rumah baca,
kesehatan, kesenian/kebudayaan, kepedulian, kerukunan, kampanye/gerakan
sosial, kewirausahaan, komunitas, dan lain sebagainya.
Berbagai proyek sosial telah dilakukan melalui Kitabisa, di antaranya
adalah pengadaan bus keliling donor darah PMI, pembangunan gedung anak
jalanan Master Depok, pengiriman buku untuk anak-anak papua, donasi pohon
TELAPAK di Sulawesi Tenggara), Anak Cibuyutan Jelajah Kampus, pembagian
parsel Ramadhan untuk masyarakat mantan penderita kusta di Sitanala
Tangerang, perpustakaan keliling di Sumedang, dan pemberdayaan perempuan
bersama Dreamdelion Bandung.
KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani
investasi online P2P (peer to peer) Lending dengan machine learning yang
inovatif, menghubungkan Investor dengan Peminjam dalam sebuah platform
teknologi mutakhir. Investor dapat berinvestasi mulai dari Rp 100.000 dan
Peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah.
Peer to peer lending yang dimaksud adalah proses pinjam-
meminjam uang antar individu yang tidak saling berhubungan, tanpa melalui
perantara keuangan tradisional seperti bank atau lembaga keuangan tradisional
lainnya. Tidak saling berhubungan dalam artian tidak perlu bertatap muka secara
langsung. Koinworks dengan sistem peer to peer lending nya memberikan
kesempatan kepada semua orang untuk mendapatkan kemudahan pinjaman
dengan keringanan biaya dan sekaligus mendukung demokratisasi layanan
keuangan di Indonesia.
Pengguna Koinworks dapat mendaftar sebagai pendana atau peminjam.Pendana yang sudah
terverifikasi oleh Koinworks selanjutnya dapat melakukan deposit dana agar dapat dipinjamkan kepada para
peminjam yang terdaftar. Peminjam yang sudah melalui proses pendaftaran dapat memilih pinjaman yang
tersedia dari para pendana. Jadi, secara garis besar Koinworks dapat diartikan sebagai penghubung antara
calon peminjam dengan calon pemberi pinjaman. Sistem online yang modern dan inovatif yang diterapkan
oleh Koinworks dapat mengurangi biaya dan inefisiensi sistem perbankan tradisional. Karena apa?Jelas
karena semua dilakukan secara online sehingga calon peminjam dapat mengakses layanan dari mana pun
dan kapan pun, begitu juga dengan calon pendana.
Pengguna Koinworks dapat mendaftar sebagai pendana atau peminjam.Pendana yang sudah
terverifikasi oleh Koinworks selanjutnya dapat melakukan deposit dana agar dapat dipinjamkan kepada para
peminjam yang terdaftar. Peminjam yang sudah melalui proses pendaftaran dapat memilih pinjaman yang
tersedia dari para pendana. Jadi, secara garis besar Koinworks dapat diartikan sebagai penghubung antara
calon peminjam dengan calon pemberi pinjaman. Sistem online yang modern dan inovatif yang diterapkan
oleh Koinworks dapat mengurangi biaya dan inefisiensi sistem perbankan tradisional. Karena apa?Jelas
karena semua dilakukan secara online sehingga calon peminjam dapat mengakses layanan dari mana pun
dan kapan pun, begitu juga dengan calon pendana.
- REFERENSI FINTECH:
Diakses pada tanggal 9 oktober 2017
- RFERENSI BAREKSA :
Diakses pada tanggal 10 oktober 2017
- REFERENSI KITABISA.COM:
Diakses pada tanggal 10 oktober 2017
- REFERENSI KOINWORK.COM :
Diakses pada tanggal 10 oktober 2017
Komentar
Posting Komentar